4 Alasan perempuan harus hebat di keuangan

Related image

Satu hari sebelum hari ibu, tulisan ini saya buat. Ngga ada alasan yang terlalu sentimentil sih dengan hari ibu, tapi harus diakui menjadi ibu khususnya menjadi wanita bukanlah hal mudah. Urusan pribadi yang banyakkan harus dikorbankan karena harus memikirkan orang lain khususnya keluarga adalah hal umum yang membuat wanita menjadi seorang yang lebih kuat dibanding lawan jenisnya.

Seorang wanita yang sempurna mau ngga mau harus menguasai banyak hal, mereka juga harus bisa mengatasi banyak masalah. Apalagi tanggung jawab wanita ketika memiliki keluarga menjadi berkali lipat lebih tinggi dibanding ketika mereka sendiri. Memiliki keluarga bukan berarti sekedar memiliki suami dan kelengkapannya ya, tapi lebih dari itu, ketika seorang wanita sudah berkomitmen untuk memikul tanggung jawab maka ia harus dan akan setia dengan komitmen pilihannya tersebut.

Hebat di berbagai bidang, tidak terkecuali pastinya di keuangan. Hal ini penting karena pengelolaan keuangan sejatinya adalah kunci keksuksesan setiap orang termasuk wanita. Dan untuk mereka kaum wanita, hal ini menjadi lebih penting lagi sebab… :

 

  1. Usia Wanita lebih panjang dibanding Pria

Hampir di 80% negara yang kondisinya aman tanpa masalah politis atau peperangan, maka usia perempuan disana lebih panjang dari pria-nya. Sebuah kenyataan yang bisa saja disyukuri tapi juga bisa menjadi petaka. Ketika usia panjnag dengan keuangan yang sehat, itu adalah sebuah kebaikan. Tapi bayangkan bila tanpa uang, maka panjangnya usia sangat pasti identik dengan petaka.

  1. Risiko kesehatan lebih tinggi

Tahu tidak kenapa asuransi kesehatan untuk wanita lebih tinggi preminya dibanding pria? Karena dalam kenyataannya seorang perempuan memiliki tubuh yang lebih kompleks dibanding pria. Mengandung, fisik yang berbeda dengan pria,hormonal adalah beberapa hal yang membuat wanita memiliki tingkat kesehatan lebih rentan sakit dibanding pria. Jadi kalau seorang wanita tidak bisa hebat di keuangan, akan sengsara kehidupannya apalagi bila dirinya hanya bergantung pada pasangannya. Jadi jangan pernah tergantung dengan orang lain hai kaum wanita. Hebatlah dikeuangan agar Anda bisa bertanggung jawab atas sehatnya diri Anda.

  1. Si bendahara rumah tangga

Istilah ini sudah sangat umum kita kenal yaitu wanita atau ibu khususnya adalah seorang pengelola keuangan atau bendahara keuangan keluarga. Artinya kelancaran keluarga akan bergantung dari bagaimana si wanita pintar “putar uang”. Uang sekolah anak, artinya masa depan anak bergantung pada kepintaran pengelolaan ibu. Tabungan keluarga, artinya masa depan pensiun keluarga tergantung di wanita. Uang asuransi keluarga juga dibayar ibu, artinya kesehatan keluarga ada ditangan wanita. Jadi jangan heran gagalnya wanita kelola uang = kegagalan sebuah keluarga.

  1. Si Konsumtif

Walaupun bisa diperdebatkan, tapi anggapan bahwa wanita lebih konsumtif dari lawan jenisnya bisa kita telusuri. Lihat di mall, lebih banyak toko untuk kaum wanita dibandingkan pria. Lihat di lemari baju keluarga, akan lebih banyak baju wanita dibanding pria. Dan jangan lupa assesories wanita jauh lebih banyak dari pria. Sekali lagi ini bisa diperdebatkan ya. Tapi apapun itu, sebaiknya kita sadari bahwa keinginan konsumtif tiap orang adalah tinggi. Jadi ketika kekuatan konsumtif itu tidak diimbangi dengan kemampuan kelola, jangan heran masa depan suram sudah ditangan.

 

Menjadi wanita adalah anugerah yang tidak ada bandingannya. Namun menjadi sempurna harus tetap diusahakan termasuk dalam hal keuangan. Ayo wanita Anda harus hebat di Keuangan…

 

Comments are closed.