Perencanaan Matang Liburan Pun Tenang

Liburan_budgetMemasuki penghujung tahun banyak sekali moment penting yang akan terjadi. Mulai dari anak sekolah dasar sampai perguruan tinggi akan menghadapi ujian tengah semester, selain itu libur Natal dan tahun baru pun telah siap menyambut.

Bagi seorang karyawan, akhir tahun berarti saat menanti datangnya THR (tunjangan hari raya bagi yang beragama Nasrani), tunjangan akhir tahun, atau bonus, dan juga mempersiapkan kegiatan untuk mengisi liburan Natal dan tahun baru.

Liburan selalu sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan, baik yang masih sekolah maupun yang bekerja. Liburan dapat dijadikan ajang berbahagia bersama keluarga dan sahabat tercinta, melepas kepenatan setelah setahun penuh menjalankan aktifitas.

Namun terkadang kita mengalami euforia ketika menyambut datangnya hari libur. Euforia yang berlebihan tanpa perencanaan dapat mengakibatkan defisit saat libur usai. Malah ada kemungkinan saat memasuki tahun baru jumlah saldo kartu kredit pun akan ikut membengkak. Seringkali karena ingin membahagiakan anggota keluarga atau sahabat, budget yang telah direncanakan keluar lebih besar dari jumlah yang semestinya.

Lalu bagaimana dong ya?

Saya akan jelaskan beberapa tindakan antisipasi yang dapat mencegah bengkaknya pengeluaran saat libur hari raya dan akhir tahun:

1. Buat perencanaan yang matang sesuai kebutuhan. Sebelum terjadi budget yang membengkak, ada baiknya membuat perencanaan dan  mengkomunikasikannya dengan pihak-pihak yang terkait agar rencana dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

2. Disiplin. Penting sekali jika kita dapat disiplin dengan rencana yang telah kita buat. Dengan berpatokan pada rencana tersebut, kemungkinan untuk terjadinya defisit atau penggunaan kartu kredit yang berlebihan tidak akan terjadi.

3. Sisihkan terlebih dahulu dana untuk “investasi akhirat”  (bersifat sosial)  dan “investasi duniawi” (misal deposito atau reksadana dll). Dengan kita mendahulukan menyisihkan untuk investasi berarti kita telah merencanakan kehidupan yang lebih baik minimal seperti yang dialami sekarang ini, karena kita telah mempersiapkannya sejak sekarang untuk kehidupan yang akan datang.

4. Lakukan pembayaran utang. Utang adalah salah satu point penting yang harus kita utamakan. Karena apa gunanya kita bersenang-senang menikmati liburan dengan keluarga atau sahabat tercinta jika ternyata dibalik itu utang kita sudah menggunung. Bahkan untuk pembayaran bunganya pun kita tidak dapat menutupi.

5. Jika sangat diperlukan, gunakan kartu kredit hanya untuk hal-hal yang penting, misalnya untuk keperluan pembayaran rumah sakit, karena biasanya membutuhkan dana yang cukup besar.  Jangan tergoda oleh diskon akhir tahun yang ditawarkan oleh supermaket atau mal-mal karena dapat membuat kita menjadi konsumtif.

Jika dapat disiplin terhadap budget yang telah kita buat, otomatis liburan dapat dilalui dengan hati tenang tanpa harus khawatir terjadi defisit maupun penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Selamat mencoba, selamat berlibur! :)

Oleh: Ira Hardanita, CFP
Financial Planner

Leave A Response

* Denotes Required Field